Take a note...

Saturday, November 18, 2006

OpenDNS

Sudah pernah dengar OpenDNS?
OpenDNS adalah layanan DNS gratisan lebih aman, cepat dan cerdas dibandingkan server DNS lain (dalam hal ini saya menggunakan DNSnya telkom?)-begitu kata situsnya:)
Informasi layanan ini pertama kali saya ketahui dari postingannya William.
Sedikit cerita saat mengganti setting ke OpenDNS: setelah mengedit /etc/resolv.conf dengan IP server OpenDNS, komputer saya langsung terdeteksi menggunakan layanan ini. Tetapi jika komputernya direboot, DNS server yang lama kembali dipakai. Setelah saya cek, ternyata file resolv.conf nya ditimpa oleh program dhcpclient saya.
Menurut instruksi di situs OpenDNS, agar settingan dns yang baru permanen, saya harus mengedit file /etc/dhcp3/dhclient.conf dan mengubah IP server lama. Celakanya saya tidak bisa menemukan file yang sejenis untuk di Solaris Nevada saya:). Maklum newbie.
Akhirnya saya bertanya langsung ke OpenDNS dan dijawab dengan cukup gamblang.
Ada 2 cara untuk mengubah setting dhcp:
1. Yang diubah adalah setting dhcp server (ADSL router), keuntungannya semua mesin yang terhubung dengannya otomatis menggunakan OpenDNS, atau 2.Mengubah settingan mesin satu persatu. Karena alasan diatas, saya mencoba mengganti setting router saya.

Alhamdulillah sukses. Jadi sekarang OS apapun yang saya gunakan otomatis menggunakan OpenDNS.

Anda tidak ingin mencoba?

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home